Thursday, September 3, 2015

Umpan Rayap terpasang di Jalur Rayap

Umpan Rayap terpasang di Jalur Rayap

Umpan Rayap terpasang di Jalur Rayap

Rayap memiliki habitat yang unik dalam suatu ekosistem. Keberadaan koloni rayap berperan penting dalam siklus biogeochemical (dekomposes bahan organik) seperti siklus nitrogen, karbon, sulfur, oksigen dan fosfor. Mudahnya rayap beradaptasi dengan lingkungannya mengakibatkan mereka bisa ditemui di hampir semua bentuk ekosistem. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keadaan ini diantaranya faktor lingkungan. 
Aktivitas, distribusi dan pertumbuhan populasi secara umum dipengaruhi oleh suhu, kelembapan dan curah hujan. Perubahan terhadap faktor tersebut akan berimbas ke perubahan perilaku rayap. 
Suhu sangat berpengaruh terhadap semua makhluk hidup termasuk rayap. Dikenal ada beberapa kisaran suhu sebagai berikt :
1. Suhu minmal dan maksimal yaitu kisaran suhu terendah atau tertinggi yang dapat mengakibatkan kematian pada serangga.
2. Suhu hibernasi atau estivasi yaitu kisaran suhu di bawah atau di atas suhu optimal yang menyebabkan aktivitas seranggan berkurang.
3. Kisaran suhu optimum yaitu 15-38 derjat celcius. Setiap jenis rayap memiliki toleransi suhu yang berbeda. COntohnya rayap neotermes tectonae memiliki suhu optimum 22 - 33 derajat celcius.
Suhu dan kelembapan berpengaruh terhadap vegetasi yang akan mempengaruhi aktivitas  dan perilaku rayap. Rayap lebih senang berada pada sarangnya pada tengah hari sampai awal sore hari. Namun ada beberapa jenis rayap yang mampu beraktivitas pada waktu tersebut dengan syarat terdapat naungan besar yang bisa menciptakan suhu optimal.
Antisipasi rayap dalam upaya menyesuaikan dengan perubahan suhu dan kelembapan dilakukan dengan cara :
1. membangun sarang yang tebal
2. Pengaturan bentuk sarang
3. mempertahankan kandungan air tanah penyusun sarang rayap.
Dengan upaya tersebut suhu da kelembapan di lingkungan tempat rayap hidup tetap terjaga dan terkendali

Tips Mencegah Dan Mengendalikan Rayap
Rayap adalah serangga sosial anggota bangsa Isoptera yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial. Dalam bahasa Inggris, rayap disebut juga “semut putih” (white ant) karena kemiripan perilakunya.
Sebutan rayap sebetulnya mengacu pada hewannya secara umum, padahal terdapat beberapa bentuk berbeda yang dikenal, sebagaimana pada koloni semut atau lebah sosial. Dalam koloni, rayap tidak memiliki sayap. Namun demikian, beberapa rayap dapat mencapai bentuk bersayap yang akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan (sehingga seringkali menjadi pertanda perubahan ke musim penghujan) di petang hari dan beterbangan mendekati cahaya. Bentuk ini dikenal sebagai laron atau anai-anai.
Bagaimana Rayap Merusak Rumah Anda?
Jenis serangga ini memang tidak mengenal kompromi dan akan merusak bagian-bagian rumah serta barang didalam rumah. Berbagai jenis barang didalam rumah yang rentan akan serangan rayap adalah: mebel, buku-buku, kabel-kabel listrik, telepon, serta barang-barang yang disimpan dalam ruangan lembab dan jarang dibersihkan. Untuk mencapai sasarannya, rayap tanah dapat menembus tembok bangunan yang tebalnya beberapa centimeter. Apapun bentuk konstruksi bangunan gedung, seperti slab, basement atau crawl space, dapat ditembus elewati lubang terbuka atau celah yang sangat kecil. Celah tersebut biasanya terdapat pada slab di sekitar celah kayu atau pipa ledeng, serta celah antara pondasi dan tembok, maupun pada kuda-kuda atap. Rayap juga dapat membuat lubang di atas pondasi, kemudian terus bergerak ke atas hingga mencapai kuda-kuda dan di seluruh permukaan tembok.
Bagian komponen bangunan yang rawan terhadap serangan rayap adalah balkon, teras, sambungan talang air hujan, kerangka atap, ventilasi, hubungan antara dinding bata dan ampik kayu, serta hubungan antara dinding bata dan atap. Juga sudut dinding, hubungan sudut antara kusen dan dinding batu, pasangan dinding yang berhubungan dengan bak bunga, retak-retak pada dinding bata, serta hubungan antara dinding dengan pondasi.
Rayap merupakan penyebab utama dari semua kerusakan elemen konstruksi bangunan terutama yang berbahan dasar kayu seperti: lantai, dinding, rangka plafond, kuda-kuda, dan berbagai macam perabotan yang terbuat dari kayu seperti: kusen (pintu/jendela), panel (pintu/jendela), lemari, kitchen set, dsb. Rayap bekerja merusak rumah Anda selama 24 jam perhari, dan rayap akan terus bekerja sepanjang tahun sampai kerusakan pada bagian rumah betul-betul terjadi.
Bagaimana Mencegah Serangan Rayap Dirumah Anda?
Ada 3 (tiga) tujuan yang mendasari termite control service atau pelayanan anti rayap, yaitu: mencegah, membasmi dan mengendalikan. Secara umum penanggulangan bahaya pada bangunan akibat serangan rayap harus dimulai pada tahap pra-konstruksi, hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya rayap ke dalam bangunan gedung saat proses pembangunan sedang berjalan. Tindakan penanggulangan bahaya rayap pada tahap pra-konstruksi dapat dilakukan dengan pendekatan rancang bangunan gedung dengan menggunakan material anti rayap, penggunaan kayu awet atau diawetkan melalui tindakan pengawetan kayu, dan pemberian zat kimia anti rayap berupa Termitisida pada tanah untuk menghindari serangannya.
Pre-construction termite control (metode pencegahan rayap pra-konstruksi); adalah proses yang dilakukan untuk mencegah serangan rayap yang dilakukan saat bangunan sedang dibangun. Proses ini meliputi pekerjaan penyemprotan galian pondasi, penyemprotan seluruh permukaan lantai/tanah bangunan sebelum pengecoran, dan penyemprotan seluruh permukaan material kayu sebelum dipasang pada konstruksi kusen, lantai, dinding, plafond dan atap.
Proses pre-construction termite control ini harus dilakukan saat sebelum membangun rumah atau sedang membangun rumah untuk menghindari kerusakan rumah Anda dikemudian hari. Jika treatment atau perawatan rumah anti rayap dilakukan setelah terjadinya serangan rayap, maka Anda harus mengeluarkan biaya perbaikan atau renovasi terhadap kerusakan yang telah terjadi. Dan tentunya biaya perbaikan terhadap kerusakan bangunan akibat serangan rayap cukup mahal.
Rumah yang bebas dari serangan rayap membuat penghuninya nyaman dan tenang dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, tanpa harus khawatir terjadinya kerusakan pada elemen bangunan dan berbagai perabot didalam rumah. Jika bisa dilakukan jauh-jauh hari, mengapa tidak mengantisipasi serangan rayap sedini mungkin daripada dibuat pusing kemudian? Mencegah lebih mudah dan murah dari pada membasminya dikemudian hari.
Bagaimana Mengendalikan Serangan Rayap Dirumah Anda?
Jika serangan rayap dirumah Anda sudah terlanjur terjadi karena proses pencegahan rayap tidak dilakukan, baik pada tahap pra-konstruksi dan rayap sudah menyebar ke seluruh bagian bangunan maka hal yang harus dilakukan adalah menegndalikan pada tahap pasca-konstruksi. Rayap tidak mungkin terbasmi atau dapat dihilangkan secara total, karena jalur lalu lintas rayap benar-benar luas dan tersembunyi. Namun demikian service yang peroleh dapat memperpanjang usia bangunan Anda dan mengendalikan serangan rayap agar tidak menimbulkan kerusakan fatal.
Proses pengendalian serangan rayap yang dilakukan setelah bangunan dibuat adalah Post-construction termite control (metode pasca konstruksi); yaitu proses pengendalian dari serangan rayap yang yang dilakukan pada bangunan yang sudah berdiri dengan jalan menginjeksikan Termitisida (obat pembasmi rayap) ke dalam tanah. Pada proses post-construction termite control ini Termitisida disuntikkan dibawah lantai sepanjang jalur pondasi bangunan, jarak antar lubang injeksinya antara 60 cm s/d 80 cm, diameter lubang injeksi +/- 15 mm. Sedangkan untuk material kayu didalam rumah yang telah terpasang dan furniture disemprot langsung dengan Termitisida.
Berbagai Tips Mudah Untuk Melindungi Rumah Dari Serangan Rayap:
1. Membersihkan Saluran Air dan Selokan.
Rayap menyukai area yang lembab dan menyerap banyak air, salah satunya selokan. Bersihkan selalu selokan di depan atau samping rumah dan jaga agar sampah atau kotoran tidak menyumbat selokan.
2. Memperbaiki Pipa dan Keran Air yang Bocor
Jika ada pipa atau keran air yang bocor, segera perbaiki. Keran air yang bocor selalu meneteskan air bahkan saat tidak digunakan. Hal tersebut bisa membuat rumah Anda selalu lembab dan bisa jadi tempat ternyaman untuk rayap. Selain mencegah rayap datang, memperbaiki saluran pipa dan keran air juga menghemat pemakaian air.
3. Mengurangi Penggunaan Kayu Didalam Rumah
Makanan rayap adalah kayu, jadi usahakan tidak menempatkan material kayu di dekat pondasi rumah. Hindari juga meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah, sebaiknya taruh di halaman dan tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah. Jangan menaruh kayu langsung di atas tanah, tapi sediakan dahulu alas dari besi atau lantai keramik di bawahnya.
4. Menjaga Kebersihan Lubang Ventilasi
Pastikan ventilasi udara atau lubang angin bersih dari serpihan cat atau batu bata. Beri kawat kasa pada ventilasi untuk mencegah masuknya serpihan tersebut ke dalam rumah. Karena material yang masuk dari ventilasi bisa mengundang rayap berkunjung ke dalam rumah Anda.
5. Merawat Elemen Kayu Secara Berkala
Gunakan kayu berkualitas bagus untuk balkon, tangga, pintu dan bingkai jendela. Kayu yang kualitasnya rendah memudahkan rayap untuk memakannya. Jangan lupa untuk merawatnya secara berkala, bisa dengan membersihkannya secara teratur atau memulas ulang dengan vernish atau plitur.
6. Beri jarak pada furnitur dan tembok
Rayap selalu memasuki bangunan rumah melalui celah-celah tembok. Dengan membawa jamur yang dapat mensintesa benda apa saja, rayap dapat dengan mudah melubangi beton untuk mencapai kayu yang paling dekat dengan tembok. Anda perlu memberi jarak sekitar 10 cm antara lemari kayu dengan tembok. Ini cukup membantu mengurangi resiko diserang rayap.
Gudang juga merupakan daerah yang paling sering diserang rayap. Yaitu jika di antara tumpukan barang-barang yang jarang dipindahkan terdapat kardus-kardus, lemari, palet dan benda lain yang mengandung selulosa. Anda perlu sering-sering merapihkan gudang, membuang kardus-kardus yang tidak terpakai, dan menjauhkan kayu dari tembok.
7. Proteksi Total pada seluruh bangunan rumah
Kita tidak akan pernah bisa menebak sisi mana yang akan diserang rayap, atau dari mana rayap akan memulai serangan. Melakukan proteksi total juga akan lebih menghemat biaya dibanding Anda harus melakukan renovasi di kemudian hari. Proteksi total dalah melakukan treatment anti rayap menyeluruh baik untuk bangunan jadi (paska-konstruksi) atau yang belum jadi (pra-konstruksi). Cara ini akan membunuh rayap yang sudah ada di bawah bangunan serta menghambat kedatangannya lagi dalam waktu yang lama. Invasi rayap terbang dari tempat lain tidak akan membahayakan karena seluruh struktur bangunan seperti kusen-kusen, lapisan gypsum, rangka atap, kitchen set, dan sebagainya diproteksi dengan anti rayap.
8. Hindari lahan bekas hutan atau kebun untuk membangun rumah
Kebun atau hutan menyimpan sumber makanan bagi rayap tanah (Coptotermes). Jika Anda harus mendirikan rumah atau banguanan di area bekas perkebunan atau hutan, sebaiknya lakukan pencegahan dengan chemical barrier, yaitu treatment anti rayap pra-konstruksi. Pekerjaan ini meliputi penyemprotan anti rayap pada permukaan tanah dan galian fondasi sebelum bangunan didirikan. Bahan kimia yang terkandung pada larutan termitisida akan mengikat tanah dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Sifatnya yang Knock Down akan mematikan koloni rayap yang sudah ada di bawah permukaan tanah, sifat residualnya akan menghambat kedatangan koloni rayap baru untuk jangka waktu yang lama.
Demikian artikel sekelumit tentang kehidupan rayap, akibat dan cara mencegah jika rayap tersebut merusak perabotan rumah kita. Dan semoga tips diatas bermanfaat bagi anda.
cara menghilangkan rayap pada lemari cara mematikan rayap anti rayab anai-anai cara mengatasi rayap di lemari skripsi tentang pengendalian rayap asal rayap di lemari cara membasmi rayap di rumah cara membasmi anai-anai obat kimia rayap tanah lubang Mengusir rayap/anai-anai menghilangkan rayap di tembok dan lemari menghilangkan rayap di lemari mengatasi rayap pada lemari mencegah rayap di lemari melindungi lemari kayu dari jamur


Cara Basmi Rayap tuntas

Rayap mungkin serangga yang jarang terlihat oleh Anda,namun yang pasti hasil karyanya bisa dirasakan langsung saat Anda melihat kayu-kayu di rumah menjadi keropos.Hal ini tidak hanya membuat Anda kerepotan,tapi tentunya juga berbahaya bagi konstruksi rumah Anda.Rayap yang disebut juga sebagai semut putih ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.Bahkan beberapa daerah-pun memiliki nama khusus seperti ranggas(Jawa Tengah/Timur),anai-anai(Sumatera),sumpiyuh/rinyuh(Jawa Barat).
Hewan buta ini termasuk kelompok serangga sosial,seperti halnya semut dan lebah.Oleh karena itulah,rayap tidak bisa hidup sendiri tapi hidup berkelompok.Dengan cara itulah rayap bisa memperoleh kebutuhannya untuk keberlangsungan hidupnya.Rayap-rayap tersebut bisa membangun sarang berupa lorong-lorong panjang dan sempit hingga ke tempat mereka mencari makan.Bahkan di beberapa daerah terdapat rayap yang membangun rumahnya dengan sangat tinggi.

Pada dasarnya keberadaan rayap di rumah Anda sulit terdeteksi.Apabila banyak kayu di rumah Anda mengalami keropos barulah Anda menyadarinya.Binatang kecil pemakan kayu dengan kecepatan yang amat tinggi ini bisa menghabiskan kayu yang berukuran 4 meter dalam waktu kurang dari 6 bulan.Hal ini pasti akan membahayakan struktur kayu rumah Anda.

Untuk mengantisipasi bahaya rayap,sangat penting bagi kita untuk untuk mengetahui kriteria rumah yang mudah diserang rayap antara lain:

1.Menggunakan kayu kualitas rendah untuk kusen,pintu dan kuda-kuda.
2.Perumahan yang berada di bekas rawa.
3.Banyak sisa pohon atau tumbuhan yang telah mati tidak dibersihkan dengan sempurna.
4.Memakai serbuk kayu sebagai pupuk tanaman.
5.Rumah tidak disuntik dengan zat kimia anti hama pada saat dibangun.

Disamping itu,penting juga bagi kita untuk mengetahui tips-tips apa saja agar terbebas dari rayap antara lain:

1.Gunakanlah produk khusus untuk kusen dan pintu.Bukan saja masalah rayap akan teratasi,tapi harga juga lebih ekonomis daripada kayu mahal yang tidak bisa dimakan rayap.Dalam hal ini ada beberapa pilihan untuk kusen misalnya menggunakan bahan aluminium atau kusen beton.
2.Gunakan bahan berkualitas untuk kuda-kuda rumah Anda
3.Jauhkan pupuk serbuk kayu dari rumah Anda.
4Singkirkan sisa-sisa tumpukan kayu yang sudah tidak terpakai lagi dan pohon-pohon mati dan akar disekitar rumah.
5.Jika rumah Anda terbuat dari kayu,sebisa mungkin hindari kontak langsung antara kayu dengan tanah.
6.Gunakan kayu yang dikenal anti rayap misalnya kayu jati,bisa juga dengan menggunakan kayu yang telah dilapisi anti rayap.
7.Membangun pondasi yang tahan serangan rayap dengan cara mencampurnya dengan bahan-bahan anti rayap.
8.Menghubungi jasa penanggulangan rayap professional sehingga bisa mengatasi masalah rayap hingga tuntas.

Sangatlah penting untuk selalu memeriksa kondisi kayu-kayu dirumah Anda karena kita jarang menyadari kapan serangan rayap ini akan menyerang.Alangkah baiknya jika Anda selalu melakukan perawatan secara berkala baik untuk struktur maupun melakukan penyemprotan anti hama.Membasmi rayap harus sampai tuntas,karena jika tidak dengan kemampuan ratu rayap yang bereproduksi dengan sangat cepat maka rumah Anda akan kembali dibanjiri oleh rayap.

CV Jakarta Inti Nusa
Jl. Pulomas 2C No. 14
Jakarta Timur

Phone : 021-9604.6408
Mobile : 0813.8650.1642
Pin BB : 578b8B62

No comments:

Post a Comment

Pembasmian rayap tanah

Di Indonesia pada umumnya ada tiga jenis rayap tanah yang paling sering menyerang bangunan antara lain rayap tanah jenis macrotermes,...