Thursday, September 3, 2015

Jalur Rayap Aktif pada Kayu

Jalur Rayap Aktif pada Kayu


Jalur Rayap Aktif pada Kayu

Musuh utama perabotan rumah yang terbuat dari kayu adalah serangan koloni serangga yaitu Rayap. Rayap akan memakan peralatan rumah dari kayu hingga rusak dan tidak bisa anda gunakan kembali. Cara membasmi rayap kayu atau rayap tanah dengan bahan alami yang ampuh dan aman bagi kesehatan akan kita bahas kali ini.

Cara Membasmi Rayap Obat Alami

Untuk membasmi rayap dengan metode alami bisa menggunakan ramuan yang terbuat dari tembakau. Cara membasmi rayap dengan menggunakan tembakau adalah semprotkan cairan yang terbuat dari tembakau yang sudah direndam selama 1 malam ke sarang rayap menggunakan spayyer.
Untuk cara membasmi rayap kayu bisa juga menggunakan garam. Obat pembasmi rayap alami ini cukup mudah dibuat, caranya dengan mencampur garam dengan air kemudian biarkan selama satu malam. Cairan tersebut lalu disemprotkan kesarang rayap hingga rayap mati.

Obat anti rayap alami lainnya adalah menggunakan air bekas mencuci beras. Cara membasmi rayap dengan air bekas mencuci beras cukup mudah, siram sekeliling sarang rayap dengan air cucian beras maka koloni rayap akan mati.

Cara membasmi rayap dalam tanah

Untuk membasmi rayap yang ada ditanah kita membutuhkan alat bantuan sentricon, sentrikon sendiri terdiri dari 2 buah alat dimana alat yang pertama merupakan sebuah pengumpan yang taruh pada dinding/kusen yang menjadi jalur rayap, sedangkan alat yang ke 2 berupa detektor rayap yang ditanam di tanah. Pada masing masing alat sentricon terdapat semacam tissu yang berfungsi sebagai pengumpan rayap, tissu tersebut berisikan kandungan heksaflumuron, enzim hormon yang dapat menekan metabolisme pertumbuhan rayap, sehingga akhirnya membunuh rayap tersebut. Setelah alat sentricon digunakan rayap akan datang, memakan, dan mendistribusikan tisu tersebut ke semua koloni rayap sampai akhirnya semua koloni akan mati termasuk yang ada di dalam tanah.


Rayap paling sering berda di tempat yang lembab. Oleh karenanya anda perlu sering-sering membersihkan tempat-tempat tersebut. Jangan sampai terlalu lama rayap berkembang biak jika tidak ingin ada perabot dari kayu yang rusak karena ulah rayap.

Membasmi rayap tidak dapat dilakukan dengan membunuh rayap-rayap yang ada di permukaan saja. Anda juga harus membasmi rayap dari koloninya.Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk ini, antara lain:

Penyemprotan
Bagian bangunan yang menunjukkan gejala serangan rayap disemprot dengan termisida. Cara ini akan membasmi rayap yang bersarang di kayu.

Akan tetapi penyemprotan ini hanya membasmi rayap yang berada di kayu saja. Yang bersarang di tanah tetap aman. Cara ini perlu dikombinasikan dengan injeksi termisida ke dalam tanah di sepanjang fondasi bangunan.

Pengumpan teknologi sentricon
Metode pengendalian ini lebih ramah lingkungan, karena langsung menyerang rayap dan koloninya. Pengumpan sentricon ini terdiri dari dua buah alat.Pertama sebuah pengumpan yang diletakkan di dinding atau kusen yang menjadi jalur rayap. Yang kedua, berupa detector rayap yang ditanam di tanah.

Pada kedua alat itu terdapat semacam tisu yang menjadi makanan rayap. Tisu ini mengandung heksaflumuron, yaitu enzim hormone yang menekan metabolisme pertumbuhan rayap, dan akhirnya membunuh rayap tersebut.

Cara lain untuk mengusir rayap adalah dengan menggunakan bahan alami. Menggunakan garam dapur (Nacl) yang halus dan kering, caranya cukup mudah, cukup dengan menaburkan garam ke dalam lubang sarang rayap. Selain garam, cara alami lainnya adalah dengan air kapur sirih. Caranya sama dengan garam, taburkan di sekitar tempat rayap, niscaya rayap akan segera pergi dari rumah.

CV Jakarta Inti Nusa
Jl. Pulomas 2C No. 14
Jakarta Timur

Phone : 021-9604.6408
Mobile : 0813.8650.1642
Pin BB : 578b8B62

No comments:

Post a Comment

Pembasmian rayap tanah

Di Indonesia pada umumnya ada tiga jenis rayap tanah yang paling sering menyerang bangunan antara lain rayap tanah jenis macrotermes,...