Wednesday, June 1, 2016

BIO-EKOLOGI RAYAP

BIO-EKOLOGI RAYAP

Hingga saat ini di seluruh dunia tersebar kira-kira 2500 jenis rayap dan di Indonesia ditemukan tidak kurang dari 200 jenis rayap (Nandika et al, 2003). Dari semua jenis rayap yang ada tersebut kira-kira hanya sepuluh persen yang menimbulkan kerusakan baik pada tanaman maupun pada kayu sebagai komponen bangunan.Rayap juga merupakan satu-satunya kelompok serangga yang mampu memanfaatkan selulosa sebagai sumber makanannya. Bahan makanan ini merupakan salah satu bahan yang terbesar kelimpahannya di bumi. Selulosa dalam tubuh rayap dicerna dengan bantuan organisme simbion yang hidup di dalam saluran pencernaan nya. Organisme inilah yang menguraikan selulosa menjadi senyawa-senyawa sederhana yang mampu diserap oleh rayap. Sifat biologi rayap yang utama meliputi Trophalaksis, yaitu saling memberi makan, Kanibalistic yaitu sifat rayap yang memakan bangkai anggota koloni yang sudah mati, dan Kriptobiotic, sifat rayap yang takut dengan cahaya.

Habitat rayap terbagi menjadi rayap-rayap hidup di dalam tanah, di dalam kayu kering, di pohon-pohon hidup, atau di kayu-kayu lembab. Pada lingkungan perkotaan dua kelompok rayap yang penting adalah rayap tanah dan rayap kayu kering. Rayap tanah hidup bersarang di dalam tanah. Kelompok rayap ini di dunia dikenal sebagai kelompok subterranean termites. Kehadirannya terutama dipengaruhi oleh suhu, kelembaban tanah, tipe tanah serta vegetasi (Peter, 1996).

Tanah merupakan tempat hidup rayap, dimana tanah dapat mengisolasi rayap dari suhu dan kelembaban yang ekstrim. Keberadaan jenis rayap tertentu dapat meningkat kan kesuburan tanah, karena aktivitas rayap daapt mengubah profil tanah, mem pengaruhi tekstur tanah dan pendistribusian bahan organik. Secara umum rayap tanah menyukai tipe tanah yang mengandung liat dan tidak menyukai tanah berpasir dikarena kan tanah berpasir memiliki kandungan bahan organik yang rendah. Ada beberapa jenis rayap tertentu yang hidup digurun pasir seperti Amitermes dan Psammotermes, keberadaan mereka dapat dapat meningkatkan infiltasi air.

Rayap mampu memodifikasi profil dan sifat kimia tanah sehingga menyebabkan terjadinya perubahan vegetasi. Contohnya pada sarang rayap Macrotermes cenderung lebih banyak mengandung silika sehingga hanya jenis-jenis tertentu yang dapat tumbuh disekitar dan diatas srang rayap tersebut. Suatu koloni besar Macrotermes didalam habitat savana, dapat memindahkan lebih dari satu ton vegetasi setiap tahun. Sarang rayap Macrotermes dapat mencapai ketinggian 10 meter dan berdiri sangat kokoh tidak mudah hancur oleh hujan dan angin. Didalam hutan, khususnya hutan hujan peranan rayap sangat penting sebagai dekomposer serasah dilantai hutan. Jika kita masuk kedalam hutan dataran rendah, banyak sekali kita dijumpai gumpalan-gumpalan tanah yang merupakan kotoran atau bekas makaan rayap. Rayap juga akan menghancurkan pepohonan yang tumbang sehingga akan mudah terurai oleh dekomposer yang lebih kecil lagi.

Di padang savana Arizona, dijumpai rayap jenis Heterotermes aureus, rayap tersebut mampu mengkonsumsi kayu seberat 78,9 kg/ha pertahun. Serangan rayap-rayap ini banyak dilakukan pada pohon-pohon yang mati setelah turun hujan. Hodotermes didaerah gurun Afrika Selatan berperan penting dalam siklus nutrien tanah. Dengan adanya rayap sangat mendukung pertumbuhan tanaman karena rayap membawa air ke darah tumbuh tanaman sehingga ketersediaan air bagi pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik.

Beberapa jenis rayap tanah mampu beradaptasi pada lingkungan ciptaan manusia misalnya di dalam bangunan gedung dengan memanfaatkan suhu dan kelembaban yang terdapat di dalam bangunan tersebut untuk membuat sarang-sarang antara (secondary nest). Akibat kemampuannya tersebut beberapa jenis rayap ini banyak berperan sebagai hama bangunan.Di Indonesia beberapa jenis rayap tanah yang paling berbahaya adalah dari kelompok genus Coptotermes sedangkan di negara-negara lain seperti di Amerika dari 45 jenis rayap hanya dua di antaranya berperan sebagai hama utama yaitu Reticulitermes hesperus dan R. flavipes ditambah rayap migran, yaitu C. formosanus (Tamashiro dan Yates, 2007).

Rayap tanah Coptotermes merupakan jenis yang paling sukses hidup di lingkungan perkotaan. Serangga ini dapat membentuk koloni dalam jumlah yang besar dan memiliki wilayah jelajah yang tinggi. Pendugaan jumlah individu dalam koloni dan wilayah jelajahnya dapat ditentukan dengan teknik penandaan dan penangkapan berulang. Su dan Robinson (1996) menduga dalam koloni Coptotermes formosanus yang besar diduga terdiri dari tujuh juta individu rayap dengan wilayah jelajah 3500 m2, dan dalam koloni yang kecil berjumlah 1 juta individu dengan wilayah jelajah 1300 m2. Sementara itu dalam koloni Coptotermes curvignathus dapat dijumpai lebih dari satu juta individu dengan wilayah jelajah sekurang-kurangnya 450 m2 (Nandika, et al, 2003). Berdasarkan hal tersebut, tidak mengherankan apabila dibandingkan dengan jenis rayap lainnya, rayap Coptotermes lebih berbahaya menyerang bangunan gedung. Bahkan serangannya tidak terbatas pada tipe bangunan sederhana tetapi juga mampu menyerang objek-objek serangan yang tinggi pada bangunan-bangunan bertingkat jauh di atas permukaan tanah.

MANFAAT KEBERADAAN RAYAP BAGI LINGKUNGAN
Kadangkala timbul masalah akibat aktifitas rayap, terutama pembangunan sarang diatas tanah adalah ketidak seimbangan nutrisi (mineral dan bahan organik). Akan terdapat daerah yang kaya akan nutrisi dan sebaliknya akan terdapat daerah yang miskin nutrisi. Didaerah yang terdapat rayap dan cacing tanah secara bersamaan maka tanah akan cendrung memiliki nutrisi yang seimbang. Dalam sarang rayap Macrotermes, kation nitrogen dan fosfor meningkat, sedangkan karbon dilepaskan keudara dalam bentuk karbondioksida dan metana. Didaerah padang pasir aktivitas rayap sangat penting perannya dalam akumulasi mineral. Pada sarang Anacanthotermes ditemukan kandungan garam yang sangat tinggi. Demikian pula ditempat ratu adalah suatu tanah yang keras yang merupakan akumulasi mineral seperti silika, aluminium, kalsium, besi, magnesium, kromium serta vanadium. Didalam sarang rayap Odontotermes kandungan mineral yang cukup tinggi adalah peroksida, aluminium oksida dan kalsium karbonat.

Liang kembara rayap didalam tanah dapat meningkatkan jumlah udara dan air didalam tanah dan memperbaiki tekstur tanah dengan mencampur tanah bagian atas dan bagian bawah. Fraksi debu pada sarang rayap mempunyai kemampuan menyerap air lebih baik dibandingkan tanah sekelilingnya. Melalui peningkatan kapasitas air tanah, rayap juga memberikan peluang untuk masuknya mikroorganisme tanah lain dan mempermudah penyebaran akar-akar tanaman.Gas metana yang dihasilkan oleh rayap mempunyai kontribusi penting pada efek rumah kaca sehingga meningkatkan temperatur global. Seperlima gas metana yang terdapat di dunia dihasilkan oleh rayap. Setiap kayu dan humus yang dimakan oleh rayap merupakan penyebab dihasilkannya gas metana. Gas metana terrbanyak dihasilkan oleh hutan tropis dikarenakan di hutan tropis memiliki persediaan kayu dan humus yang tinggi.
Jalur Rayap

Pembasmian rayap tanah

Di Indonesia pada umumnya ada tiga jenis rayap tanah yang paling sering menyerang bangunan antara lain rayap tanah jenis macrotermes,...