Saturday, September 1, 2018

Jalur Makanan koloni Rayap





Koloni rayap lebih suka tinggal di tanah yang liat dari pada di tanah berpasir yang sedikit mengandung bahan organik. Namun, ada jenis rayap seperti amitermes dan psammotermes yang mampu hidup di daerah gurun pasir. Di daerah berpasir, rayap mampu meningkatkan infiltrasi air dan mengembalikannya ke bagian atas tanah.
Tanah sangat berperan penting sebagai tempat hidup dan untuk mengisolasi rayap dari perubahan suhu dan kelembapan yang cukup ekstrem. Keberadaan rayap dalam tanah karena rayap mampu mengubah tekstur tanah dan mendistribusikan bahan organik.

Aktivitas rayap dapat mengubah keadaan vegetasi melalui modifikasi profil dan sifat kimia tanah. Contohnya di sekitar sarang rayap macrotermes banyak mengandung silika sehingga hanya jenis tumbuhan tertentu yang dapat tumbuh di sekitar sarang rayap tersebut. Kejadian ini mirip dengan peristiwa allelopaty. Allelopaty adalah pengeluaran zat kimia tertentu yang mampu menghambat pertumbuhan jenis tanaman lain di sekitar tanaman utama. COntohnya, serasah daun pinus yang mengandung silika ternyata mampu menghambat pertumbuhan tanaman lain di sekitar serasah daun pinus. Tumbuhan lain yang memiliki sifat allelopaty adalah alang-alang.

Di daerah gurun Afrika Selatan, rayap Hodotermes berperan dalam proses siklus nutrisi tanah. Aktivitas rayap membawa air ke daerah yang ditumbuhi tanaman sangat menguntungkan karena ketersediaan air bagi tanaman menjadi lebih banyak. Koloni Macrotermes yang besar di habitat Savana mampu membentuk kondisi permukaan yang berbeda dan akhirnya berpengaruh terhadap vegetasi yang ada. Dengan demikian, keberadaan koloni rayap di suatu habitat mampu mempengaruhi bentuk vegetasi yang tumbuh dan berkembang di sektor koloni itu.

Musuh Alami Rayap

Ada tiga kelompok yang menjdai musuh alami rayap ayitu predator, parasit dan patogen. Dalam siklus hidupnya, ketika laron terbang keluar sarang merupakan saat yang rentan diserang predator dan parasit. Predator yang menyerang laron ketika terbang diantaranya burung pemakan serangga, kelelawar pemakan serangga dan capung. Selain itu, pemangsa lainnya berupa katak dan ikan. Ketika laron mendarat di permukaan tanah pun tidak lepas dari serangan predator seperti semut, kumbang, kalajengking dan laba-laba. Semut merupakan predator yang cukup ganas meyerang rayap hingga ke dalam sarang rayap. Predator rayap juga bisa berbentuk mamalia besar seperti trenggiling, tupai, landak dan beruang yang mampu membongkar sarang rayap.

Predator rayap sering melakukan penyamaran kimiawi ketika melakukan penetrasi ke sarang rayap. Contohnyaserangga predator rayap yang memiliki banyak kelenjar untuk menghasilkan senyawa alkohol alifatik 3 oktanol dan 2 undekanol.

Senyawa tersebut mampu menghambat rayap melepaskan senyawa peringatan dininya ketika predator memasuki liang kembara di dalam sarang rayap. Predator semut mampu menghasilkan suatu senyawa dari mandibelnya yang menyebabkan rayap tidak bisa mengenali pemangsanya.

Ada juga beberapa jenis patogen yang mampu mematikan rayap walaupun masih dalam skala laboratorium. Patogen tersebut diantaranya jamur patogenik.

Keberadaan koloni rayap akan memberikan keuntungan terhadap lingkungan. Aktivitas mereka sangat erpengaruh terhadap komposisi mineral (kalsium, silika, besi, magnesium, dan alumunium), bahan organik, nitrogen, infiltrasi air dan prodksi metana. Namun, masalah bisa muncul ketika rayap membangun sarangnya di permukaan tanah.


CV Jakarta Inti Nusa melayani jasa pengendalian rayap untuk di rumah / kantor / pabrik / ruko dll.
Sistem pengendalian rayap yang kami terapkan ada 2 cara yaitu :
1. Sistem pengumpanan rayap
2. Sistem Injeksi rayap

Sistem Pengumpanan Rayap

Sistem pengumpanan rayap diterapkan bila koloni rayap sudah naik ke plafon / atap. Sistem pengumpanan rayap ini dipasang pada jalur rayap aktif. Masa eliminasi rayap rata-rata 3 bulan sejak instalasi pertama dipasang. Namun jangka waktu eliminasi rayap ini bersifat tidak tentu tergantung dari jumlah koloni rayap yang ada. Semakin banyak jumlah rayapnya maka akan semakin lama masa eliminasinya. Di sini kita memang tidak dapat menghitung dengan pasti jumlah rayap dalam koloni tersebut.

Sistem Injeksi Rayap
Sistem injeksi rayap ini kadang disebut juga sistem spraying atau penyemprotan rayap. Sistem injeksi rayap ini dapat diterapkan pada bangunan yang belum jadi dan pada bangunan yang sudah jadi. Pada bangunan yang belum jadi maka chemical anti rayap dapat disemprotkan pada bagian pondasi bangunan saat penggalian pondasi tersebut sehingga daya tahan terhadap rayap akan lebih lama (rata-rata 5 tahun).


Sedangkan pada bangunan yang sudah jadi maka harus dibor pada bagian sekeliling pondasi baik pada bagian dalam dan luar rumah. Sistem injeksi ini dapat mencegah rayap agar tidak dapat naik dari pondasi ke bagian atap / plafon rumah. Daya tahan terhadap rayap jika pada rumah yang sudah jadi ini rata-rata 3 tahun.


No comments:

Post a Comment

Pembasmian rayap tanah

Di Indonesia pada umumnya ada tiga jenis rayap tanah yang paling sering menyerang bangunan antara lain rayap tanah jenis macrotermes,...