Friday, July 29, 2016

Tanda-tanda Serangan Rayap





Jalur Rayap pada tembok

Tanda-tanda Serangan Rayap yaitu :
  1. ada serbuk-serbuk kecil dibawah kayu atau disekitar perabot kayu anda
  2. kusen kayu dan jendela menggelembung dan rapuh
  3. sering bunyi sura kretek-kretek dari perabotan kayu anda
  4. pada bagian bawah kusen pintu dan jendela terlihat lembab

Rayap memang bukan binatang yang membahayakan, namun binatang yang satu ini bisa membuat kita jengkel karena bisa merusak apa saja termasuk rumah, furniture, gudang dan berbagai hal yang terbuat dari kayu. Jika anda tak ingin barang-barang anda yang terbuat dari kayu cepat lapuk dan habis dimakan rayap, maka anda harus mengambil langkah-langkah dan memikirkan cara ampuh membasmi rayap.

Rayap, meski tidak kita sadar bisa saja bersarang di rumah. Kita tidak mengetahuinya karena rayap ada dalam lemari atau rumah kita yang terbuat dari kayu. Rayap berada dalam kayu dan kita tidak akan tau kalau rayap ada dalam rumah kita sampai rumah atau furniture kita yang terbuat dari kayu lapuk dimakan rayap.

Agar kita bisa membasmi rayap dengan cepat dan tepat, kita harus tau dari mana rayap berasal. Berikut ini tips dan trik cara membasmi rayap dengan cepat.

Saat berhadapan dengan rayap, kita harus mengetahui jenis rayap apa yang kita hadapi. Rayap ada banyak jenisnya, namun Jika kita bicara soal properti rumah, maka ada dua jenis rayap yang paling mungkin menghancurkan furniture rumah kita. Yaitu rayap kayu kering (Drywood) dan rayap Subterranean. Keduanya merupakan jenis rayap yang berbeda dan bisa menimbulkan masalah yang berbeda pula.

Rayap Kayu Kering (Drywoood)
Rayap jenis ini hidup dalam koloni yang kecil dan biasanya hanya tinggal dan menghancurkan kayu yang kering saja. Mereka sama sekali tidak berhubungan dan tidak memiliki kemampuan untuk juga menghancurkan tanah. Biasanya mereka ada di daerah yang lembab di sepanjang pantai dan sebagian besar rumah dibuat lapuk oleh rayap yang satu ini.

Rayap Tanah (Subterranean)
Rayap jenis ini membangun koloninya di dalam tanah. Melalui tanah, mereka bisa masuk dan merusak rumah. Saat berada dibawah tanah, mereka akan membuat jalan ke permukaan tanah dan menghancurkan gedung yang berdiri diatasnya. Biasanya, rayap jenis ini lebih sulit ditemukan dari pada rayap jenis kayu kering. Sehingga kita baru bisa mendeteksinya dalam jangka waktu yang cukup lama semenjak mereka mengekspansi gedung atau rumah kita.

Ada 2 jenis rayap tanah yaitu
  1. Rayap Coptothermes 
  2. Rayap Microthermes / Macrothermes


Untuk menentukan jenis rayap yang ada, kita dapat memanggil ahlinya atau perusahaan jasa anati rayap yang sudah berpengalaman agar dapat diterapkan metode yang tepat untuk memberantasnya. 

Pembasmian rayap tanah

Di Indonesia pada umumnya ada tiga jenis rayap tanah yang paling sering menyerang bangunan antara lain rayap tanah jenis macrotermes,...