Thursday, July 23, 2015

Cara Memberantas Hama Rayap

Cara Memberantas Hama Rayap

Rayap tanah jenis coptothermes adalah jenis rayap yang ganas dan mampu naik ke gedung sampai ketinggian 30 lantai. Rayap tersebut biasanya membuat semacam terowongan tanah agar terlindung dari sinar matahari. 



Rayap pada kusen
Jalur rayap pada kayu














Di rumah-rumah biasanya rayap menyerang peralatan yang terbuat dari kayu. Mulai dari pintu, kusen, jendela, kitchen set, lemari kayu dll.

Kusen yang terbuat dari kayu bisa menjadi keropos karena dimakan rayap. Adapun cara menangani rayap yang sudah naik tersebut dapat diterapkan sistem pengumpanan rayap (termite baiting system).

Pada dasarnya sistem penanganan rayap ada 2 yaitu :

A. Chemical Barier System ( CBS )
Aplikasi CBS dapat dilakukan untuk bangunan yang belum berdiri (Pra Konstruksi) maupun bangunan yang sudah jadi (Post Konstruksi) menggunakan Termitisida yang terpilih sehingga selain mengeliminasi rayap yang ada system ini juga sekaligus melindungi serangan rayap dikemudian hari.

B. Termite Baiting System ( TBS )
Aplikasi TBS dilakukan apabila system CBS tidak dapat dilakukan atau dianggap system CBS tidak dapat maksimal di suatu tempat. Adapun system TBS ini adalah pemasangan umpan di jalur aktif rayap yang diharapkan rayap aktif jenis pekerja yang ada memakan umpan yang dipasang dan mentransfer keseluruh koloni sehingga satu koloni tereliminasi.

Untuk sistem pengumpanan rayap (termite baiting system) memerlukan waktu 3-6 bulan agar rayap tereliminasi total. Dalam masa tersebut harus dilakukan monitoring rayap setiap 2 minggu sekali agar terpantau perkembangan dari umpan yang dipasang sampai rayap benar-benar habis (eliminasi).



Membasmi Rayap pada Kusen

Berikut ini adalah foto sebuah kusen kayu yang telah dimakan rayap. Rayap menggerogoti selulosa kayu hingga kayu tersebut keropos. Apabila kita melihat hal seperti ini maka sebelum kayu tersebut habis dimakan rayap dapat kita lakukan antisipasinya. Pada kusen kayu itu kita cari jalur rayap aktif kemudian kita pasang umpan rayap yang kemudian kita monitor secara rutin sampai rayap habis (eliminasi).





Dalam hal ini kita dapat menerapkan sistem pengumpanan rayap (Termite Baiting System).  Metode Termite Baiting System (TBS) / dengan menggunakan metode pengumpanan dapat meliputi  Rayap Tanah (Subterranean Termite) jenis Coptotermes Sp dan rayap jenis macro / micro.

PROSEDUR PEKERJAAN Sistem Pengumpanan Rayap (termite baiting system) :
a. Installation 
Dilakukan pemasangan sistem pengumpanan pada lokasi :
Above-Ground Station (AG)
Stasiun umpan yang dipasang langsung pada bangunan yang terserang rayap (hanya dipasang jika sudah ada serangan rayap aktif). Berisikan racun rayap berbentuk tissue yang disukai rayap.

In-Ground Station (IG)
Stasiun umpan yang ditanam ke dalam tanah di sekeliling bangunan setiap ± 5-8 m. Stasiun umpan berisikan kayu umpan untuk memancing rayap yang sedang mencari makanan.


b. Monitoring Rayap
Dilakukan pemeriksaan rutin pada In-Ground Station tiap 2 minggu sekali. Jika ditemukan adanya serangan rayap aktif pada kayu umpan, maka kayu umpan diganti dengan recuit II.  Monitoring juga dilakukan pada Above-Ground Station untuk memastikan apakah umpan telah termakan dan jumlah umpan masih mencukupi sampai monitoring selanjutnya. Pada saat melakukan monitoring, dilakukan pula inspeksi pada area disekitar station dan area kritikal lainnya untuk mengetahui adanya infestasi rayap baru.

c. Elimination
Dilakukan pemeriksaan rutin & penambahan tissue di dalam In-Ground & Above-Ground Station tiap 2 minggu sampai koloni rayap habis tereliminasi (umumnya 3-6 bulan)


d. Monitoring Lanjutan
Setelah proses eliminasi koloni selesai, teknisi akan tetap melakukan monitoring pada Above-Ground Station dan mengganti Recruit II pada In-Ground Station dengan WMD / kayu umpan kembali.


Demikianlah sedikit informasi yang disampaikan mengenai cara membasmi rayap. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Pembasmian rayap tanah

Di Indonesia pada umumnya ada tiga jenis rayap tanah yang paling sering menyerang bangunan antara lain rayap tanah jenis macrotermes,...