Thursday, June 2, 2016

Cara Mengusir Rayap dari Pohon

Cara Mengusir Rayap dari Pohon

Jika kulit batang pohon durian atau pohon lainnya mulai diserbu rayap tanah, sebaiknya mulai berhati-hati. Pada awalnya rayap tanah memang hanya bersarang di dalam tanah di bawah pohon tetapi ketika kulit luar batang pohon mengering maka rayap yang tadinya bersembunyi di dalam tanah akan merayap ke atas ke batang pohon dan mulai menyantap kulit kayu kering yang mengandung selulosa ini. Dari ‘luka’ yang disebabkan rayap inilah penyakit tanaman dapat masuk dan menyerang lapisan kambium sehingga dapat membuat suplai makanan terputus yang dapat berakhir dengan kematian pohon.

Beberapa obat-obatan kimia memang dapat digunakan untuk mengatasi serangan rayap tanah ini, tapi obat-obatan kimia juga akan terserap oleh akar pohon dan menjadi residu pada buahnya yang kita konsumsi. Untuk mengatasi serangan rayap tanah ini, sebenarnya ada cara yang sangat sederhana yaitu dengan menggunakan lapisan pasir.

Material pasir adalah material yang mudah longsor. Tidak ada satupun pekerja tambang yang mau membuat terowongan pada lapisan pasir tanpa teknik khusus. Demikian juga dengan rayap. Rayap tidak suka menembus lapisan pasir karena akan selalu mengalami kegagalan karena terowongan yang dibuatnya akan selalu runtuh.

Dengan memahami sifat pasir ini, maka dapat dibuat lubang disekitar pangkal pohon jika mulai terlihat terserang rayap tanah dan menggantikan tanah yang dibuang sebelumnya dengan pasir hingga menutupi pangkal batang.

Dengan cara sederhana ini, rayap tanah akan berfikir ulang 100X untuk menyantap kulit pohon di kebun atau halaman rumah.

Pembasmian rayap tanah

Di Indonesia pada umumnya ada tiga jenis rayap tanah yang paling sering menyerang bangunan antara lain rayap tanah jenis macrotermes,...