Sunday, February 2, 2014

Sistem Pengumpanan Rayap

Apakah sistem pengumpanan rayap itu?
Sistem pengumpanan rayap adalah suatu cara yang efektif untuk mengeliminasi rayap yang sudah naik ke dalam bangunan. Dengan sistem pengumpanan rayap ini maka diharapkan satu koloni rayap dapat diberantas. 

Satu koloni rayap terdiri dari ratu, raja, prajurit dan pekerja. Umpan rayap yang dipasang biasanya akan dimakan oleh jenis rayap pekerja. Kemudian makanan tersebut akan dibawa sampai pada ratunya. Cara kerja umpan rayap ini adalah secara perlahan-lahan agar satu koloni rayap dapat diberantas. 

Rayap yang sudah memakan umpan rayap akan berubah menjadi lebih besar daripada sebelumya. Kemudian rayap tersebut sulit untuk berganti kulit dan akhirnya tereliminasi semuanya.


Sistem pngumpanan rayap yang dipasang di dalam tanah 



Untuk memancing rayap maka diberi kayu basah



Kayu basah dimasukkan ke dalam lubang pemancing rayap


Mengapa harus menggunakan sistem pengumpanan rayap?
Sistem pengumpanan rayap ini sangat cocok untuk mengeliminasi rayap yang sudah naik atas pondasi rumah / bangunan. Dengan metode pengumpanan rayap ini diharapkan umpan yang dipasang pada jalur rayap aktif akan tersebar ke seluruh koloni rayap dan akhirnya ratunya tereliminasi 

Sistem pengumpanan rayap banyak sekali diterapkan oleh beberapa perusahaan jasa anti rayap. Sistem pengumpanan rayap ini dinilai sangat efektif memberantas koloni rayap yang ada di dalam rumah / bangunan. 

Adapun garansi yang diberikan oleh perusahaan jasa anti rayap untuk sistem pengumpanan rayap ini adalah rata-rata 1 tahun.

Bagaimana cara pemeriksaan umpan rayap yang terpasang?
Pemerikasaan umpan rayap yang sudah terpasang pada jalur aktif rayap akan selalu dilakukan oleh tim teknisi kami setiap 2 minggu sekali sampai eliminasi total koloni rayap tersebut. Teknisi kami akan memeriksa tissue hexaflumorin yang ada dalam kotak umpan rayap. Apabila berkurang maka akan kami tambah kembali.

Berapa lama koloni rayap dapat dieliminasi total?
Mengenai masa eliminasi total koloni rayap ini bervariasi antara 3 bulan sampai dengan 6 bulan tergantung dari populasi rayap yang ada pada koloni tersebut. Semakin banyak populasi rayap maka akan semakin lama proses eliminasinya. Namun kita tidak dapat menghitung dengan pasti banyaknya rayap dalam koloni tersebut.



Sejumlah rayap yang tampak keluar

Adakah cara lain selain dengan sistem pengumpanan rayap?
Selain dengan sistem pengumpanan rayap, kami juga melayani sistem injeksi rayap. Penerapan kedua sistem pengendalian rayap tersebut tentunya juga berbeda situasinya / kondisi yang dihadapi. Apabila sistem pengumpanan rayap ditujukan untuk rumah / bangunan yang sudah terkena serangan rayap aktif dan terdapat jalur rayapnya. Maka, sistem injeksi rayap adalah sebaliknya. SIstem injeksi rayap ini lebih bertujuan untuk mencegah rayap naik melalui dinding pondasi rumah. Sehingga dengan kata lain, sistem injeksi rayap ini adalah sangat baik diterapkan ketika sedang dalam pembuatan rumah atau sedang dalam tahap pondasi.  Hal ini sangat efektif mencegah rayap.

Tetapi apabila untuk rumah yang sudah jadi maka injeksi rayap ini harus melalui tahap pengeboran lantai. Hal ini bertujuan sebagai jalur masuk termitisida / larutan kimia anti rayap. Jarak antara lubang satu dengan lainnya sekitar 2-3 meter. Cara ini diharapkan dapat membuat lapisan pelindung dari serangan rayap dan mencegah rayap naik melalui dinding pondasi.

Sistem injeksi rayap ini adalah sistem pengendalian rayap yang cukup populer di masyarakat kita. Sistem injeksi rayap ini banyak dikenal dengan baik daripada sistem pengumpanan rayap.

Apakah bisa menggunakan sistem pengumpanan rayap sekaligus dengan sistem injeksi rayap?
Dalam hal tertentu, terkadang harus diterapkan 2 sistem pengendalian rayap secara sekaligus yaitu dengan sistem injeksi rayap dan sistem pengumpanan rayap. Hal ini dikarenakan terdapat 2 jenis rayap yang berbeda dalam 1 rumah / bangunan. Untuk jenis rayap coptothermes dipergunakan sistem pengumpanan rayap. Sedangkan untuk jenis rayap macrothermes / microthermes digunakan sistem injeksi rayap sehingga kedua jenis rayap tersebut dapat diatasi dengan baik.

Bagaimana mengenai garansi jasa anti rayap ini?
Garansi untuk jasa anti rayap dengan sistem pengumpanan rayap berbeda dengan sistem injeksi rayap. Untuk sistem pengumpanan rayap kami berikan masa garansi selama 1 tahun Sedangkan garansi untuk sistem injeksi rayap dibagi 2 yaitu 3 tahun untuk rumah yang sudah jadi dan 5 tahun untuk rumah yang belum jadi / masih dalam tahap pondasi.

Bila masa garansi berakhir apakah bisa dilanjutkan garansi jasa anti rayapnya?
Tentu bisa. Kami akan mengecek kembali seluruh bagian bangunan / rumah. Biasanya masa garansi anti rayap lanjutan ini dengan sistem pengumpanan rayap. Tetapi dalam hal tertentu, misalnya ditemukan jenis rayap macrothermes maka akan diberikan sistem injeksi rayap / penyemprotan rayap tanpa dikenakan biaya tambahan.

Apakah harus ada survey?
Dalam hal tertentu kami harus melakukan survey ke lokasi untuk memeriksa jenis rayap yang muncul. Tetapi apabila sudah dirasakan cukup yakin dengan informasi yang disampaikan maka survey ini tidak perlu dilakukan dan dapat langsung dilakukan penanganan rayap. Survey rayap ini tidak dikenakan biaya (gratis).

Berapa biaya untuk sistem pengumpanan rayap?
Biaya rata-rata untuk sistem pengumpanan rayap adalah apabila terdapat 1 sampai 2 titik rayap aktif maka biayanya Rp 5.000.000,- Apabila lebih dari itu akan dikenakan biaya tambahan Rp 1.000.000,- per satu titik rayap aktif.

Berapa biaya untuk sistem injeksi rayap?
Berbeda dengan sistem pengumpanan, biaya untuk sistem injeksi rayap ini akan dihitung per meter persegi (luas tanah). Harga per meter persegi dengan sistem injeksi ini adalah Rp 45.000,- Harga sistem injeksi rayap tersebut bisa turun lagi disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Berapa biaya untuk sistem kombinasi rayap?
Biaya dengan menggunakan 2 sistem anti rayap tersebut tentunya akan menjadi lebih mahal. Apabila harga rata-rata untuk sistem pengumpanan rayap adalah Rp 5 juta maka dengan sistem kombinasi rayap ini akan bertambah minimum sekitar Rp 7 juta (tergantung kondisi lapangan).

Demikianlah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengneai jasa anti rayap dengan sistem pengumpanan rayap dan sistem injeksi rayap. Kami akan selalu memberikan pelayanan jasa anti rayap dengan memuaskan. Bila anda menghadapi masalah rayap baik di rumah / kantor / gudang / pabirk / ruko, silakan menghubungi kami :

CV Jakarta Inti Nusa
Jasa Anti Rayap
Jl. Pulomas 2C No. 14
Jakarta Timur
Phone : 021-9604.6408
Mobile : 0813.8650.1642
Pin BB : 578b8B62
Email : jakartatermitecontrol@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Pembasmian rayap tanah

Di Indonesia pada umumnya ada tiga jenis rayap tanah yang paling sering menyerang bangunan antara lain rayap tanah jenis macrotermes,...